Sekarang Dokterku Online dengan wajah baru dan nama baru.

Untuk registrasi member dan diskusi forum,

Silahkan kunjungi web kami yang baru

www.dokterkuonline.com

Home
Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Bercak merah kering di kulit...
(1 viewing) (1) Guest
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
  • Page:
  • 1
  • 2

TOPIC: Bercak merah kering di kulit...

Bercak merah kering di kulit... 2 years, 6 months ago #46

  • Rina
  • OFFLINE
  • Fresh Boarder
  • Posts: 4
Malam dokter,

Sudah sejak kurang lebih tiga mingguan, di kulit area paha, badan sisi belakang (punggung hingga pantat), lengan dan dada saya, ada bercak merah dengan diameter 0,2 s/d 0,5 cm. warnanya ada yang merah dan merah lebih muda (lebih tipis). Di bagian tengah bercak merah ada titik berwarna putih dan kering yang bisa pecah dan lalu menghasilkan kulit pecah yang bisa terkelupas. Bercak merah ini sendiri tidak semua terasa gatal. Bercak yang terasa gatal hanya di bagian lengan bagian dalam saja (kanan dan kiri).

Ada saran kalau diberi salep (elocon) bercak merah itu bisa hilang dan telah saya coba, hasilnya bercak merah menjadi lebih tipis dan ada yang sudah hilang bercaknya. Tapi upaya tsb belum cukup karena semakin lama bercak merah yg muncul menjadi semakin banyak, dok...bercak yang satu hilang..muncul tiga bercak merah baru di tempat lain...

Tiga tahunan yang lalu saya sempat mengalami bercak merah seperti ini juga dan dokter spesialis kulit yang saya datangi bilang bahwa ini semacam alergi. Saya agak lupa dibilang alergi pada apa. Dan saya diberikan obat salep racikan (jadi saya tidak tahu merknya apa) dan sembuh berangsur-angsur (kurang lebih satu setengah bulan) dan kadang masih suka muncul sedikit-sedikit saja. Lalu sebulan setelahnya muncul lagi bercak merah tsb dan saya mendatangi dokter spesialis kulit lain. Dari dokter yang kedua saya diberi tahu bahwa bercak merah tsb adalah gigitan insect (jenis yang sangat kecil, tidak dapat dilihat mata dengan jelas yang biasanya ada di karpet, kasur, dan beberapa tempat lain..) saya diberi obat minum untuk 3 hari dan disuntik lalu diberi salep juga. Dalam sebulan bercak merah tsb hilang dan baru muncul lagi sekarang ini, dok..

Dok, apakah bercak ini semacam alergi atau bukan? Dan bagaimana upaya yang bisa saya lakukan agar bercak tidak terus menerus bertambah atau muncul lagi? Serta bagaimana pengobatannya? 

Fyi dok, usia saya saat ini 30 thn.

Terima kasih sebelumnya dok...

Salam,
Rina

Re: Bercak merah kering di kulit... 2 years, 6 months ago #49

dear Rina,

Dari riwayat yang Rina ceritakan, bercak kemerahan yang gatal, hilang timbul di lokasi-lokasi tertentu serta riwayat ke dokter kulit dgn kemungkinan alergi dan insect bite, dapat disimpulkan Rina mempunyai kulit yang sensitif terhadap bahan iritan atau alergen.

Akan lebih baik kalau saya bisa lihat ya bagaimana kelainan kulit yg dialami oleh Rina, tapi dari keterangan Rina bahwa terdapat bercak kemerahan dgn gradasi warna kemerahan yg berbeda dan terdapat bintik di btengah berisi cairan lebih mengarah pada hipersensitivitas akibat gigitan serangga.

Hal ini sering terjadi pada pasien atopi, yaitu pasien yg lebih sensitif terhadap bahan iritan dan alergen. Penyebabnya adalah kulit yg kering, karena kurangnya lemak di lapisan kulit. Lemak di lapisan kulit berfungsi mengikat air dan diciptakan sbg barrier tubuh kita terhadap lingkungan luar. Pada beberapa orang jumlah lemak tersebut sedikit shg fungsi proteksi kulit menjadi menurun dan menyebabkan rentan/sensitif terhadap bahan iritan atau alergen.

biasanya bahan iritan yang sering kita lupakan adalah bahan yang kita pakai sehari-hari, misalnya deterjen yang dibilas tidak sempurna, penggunaan pelembut/pewangi pakaian, sabun mandi antiseptik yg digunakan berlebihan, serta bahan lain. sebaiknya semua bahan tersebut dihindari yaa..

Rina sudah menggunakan obat yang benar sesuai diberikan oleh dokter kulit dan memberi respons yg baik, hanya saja perlu diperhatikan obat tersebut walaupun hanya salap oles tetap harus dibawah pengawasan dokter, karena penggunaan lama obat tersebut yang berisi kortikosteroid dapat menimbulkan efek samping yan g tidak diharapkan.

Mengingat sering sekali hilang timbul, maka langkah yg paling penting upaya pencegahan. Kulit harus selalu dalam keadaan lembab, agar fungsi proteksi kulit menjadi lebih baik. Beberapa hal yg perlu diperhatikan adalah kebiasaan sehari-hari, yaitu pertama : mandilah dengan sabun berpelembab, jangan menggunakan sabun antiseptik. Dua, Biasakan mandi tidak menggunakan air hangat. Tiga : selesai mandi dan saat mau tidur gunakan pelembab. pelembab dapat digunakan sesering mungkin.

Oya, banyak sekali pelembab yg bisa ditemukan di pasaran dan kadang kita bingung ya utk memilihnya. Yang membedakan biasanya daya dan lama p roteksi yg berbeda dan adanya tambahan pewarna atau aroma. Carilah pelembab yg tidak berwarna, tidak berbau, dan yg mengandung komposisi zat paling sedikit. Pelembab yg menganduk lemak yg menyerupai lemak tubuh kita lebih disarankan, misalnya yg mengandung ceramide.

ok Rina, mudah-mudahan uraian saya sudah menjawab pertanyaan Rina yaa.. dan selamat hunting pelembab ya..

Re: Bercak merah kering di kulit... 2 years, 6 months ago #50

  • Rina
  • OFFLINE
  • Fresh Boarder
  • Posts: 4
Sore dokter windi,

Terima kasih untuk saran dan penjelasannya..
Akan saya perhatikan kebiasaan keseharian saya seperti yang dokter jelaskan.

Salam,
Rina

Notes: its a very useful website...hope it will last for long...thank you dokterku-online

Re: Bercak merah kering di kulit... 1 year, 7 months ago #467

  • Tommy
  • OFFLINE
  • Fresh Boarder
  • Posts: 1
Selamat sore dok...

gini aku punya keluhan yg hampir sama dengan rina diatas tapi ini pertama kali nya bagi saya dok, sekitar 1 bulan yang lalu muncul bercak merah di telapak tangan kanan saya dok, terus skrg dah semakin banyak sampai ke muka saya dok. Cuma di telapak tangan, telapak kaki dan baru 2 hari neh muncul bercak merah di muka saya dok. Sempat saya periksa ke dokter kulit 2 minggu lalu dan dokter itu kasih saya obat salep campur, setelah ilang bercak merah tersebut saya hentikan pemakaian salep tersebut dok dan bercak itu muncul lagi...

tapi sebulan yang lalu saya berganti sabun ke lifebouy dari yang biasanya dettol dok, apa ini ada kaitan nya atau tidak dok ?
Apa saya sama masalah nya dengan rina diatas atau gimana dok ?

tolong solusi nya dok, makasih

Re: Bercak merah kering di kulit... 1 year, 7 months ago #486

Dear Tommy,

Menganalisa dari riwayat timbulnya bercak dan hilang saat diberi terapi dalam waktu singkat, bisa saja anda mengalami peradangan ringan di kulit telapak tangan dan wajah. Peradangan bisa saja ringan, tetapi bila tidak diberikan terapi yang adekuat tentunya dapat meluas.sedangkan mengenai sabun antiseptik seperti yg anda sebutkan bagi yang kulit sensitif dapat menyebabkan iritasi, apalagi bila dipakai terus menerus. Gunakan sabun berpelembab agar kulit menjadi normal kembali. Semoga jawaban saya membantu.

Salam
Dr Windy K, SpKK

Re: Bercak merah kering di kulit... 9 months, 1 week ago #2512

  • pyoonm
  • OFFLINE
  • Fresh Boarder
  • Posts: 1
hallo dok. aku mau nanya..
selama ini setiap habis mandi badanku selalu muncul bercak merah. awalnya aku pikir airnya yang jelek tapi dimana pun aku habis mandi tetap sama sehingga aku pikir aku alergi air, memang kadang gatal namun tidak mengganggu. nah sudah beberapa minggu ini bercak itu semakin parah, gatalnya semakin parah dan justru kulitku seperi kekupas gitu, dan itu awalnya disekitar dadaku dan kemudian semakin kesini semakin menjalar ke pinggang dan punggung, namun yang paling parah ya disekitar dada. kulitnya kering dan berkelupas gitu. itu kenapa ya dok?
  • Page:
  • 1
  • 2
Time to create page: 0.29 seconds