Sekarang Dokterku Online dengan wajah baru dan nama baru.

Untuk registrasi member dan diskusi forum,

Silahkan kunjungi web kami yang baru

www.dokterkuonline.com

Home Artikel MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

 

Puasa bagi umat Islam adalah tidak makan dan minum serta menghentikan segala sesuatu yang membatalkan sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Dari sisi ilmu kedokteran, selain menahan haus dan lapar ternyata berpuasa bisa memberikan  sejumlah manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jasmani akan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan rohani. Berbagai penelitian dan literatur memang telah membuktikan  manfaat puasa bagi kesehatan.

Saat berpuasa umumnya akan terjadi pengurangan jumlah kalori yang dimakan antara 10-40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Hasilnya maka komposisi lemak tubuh akan berkurang, tekanan darah membaik, kolesterol turun serta risiko kencing manis berkurang. Selain itu berpuasa juga berpengaruh pada kesehatan jantung, karena  dengan pembatasan kalori dipercaya dapat memompa jantung menjadi lebih kuat dan membuat seseorang tidak mudah lelah setelah melakukan aktivitas atau olahraga. Pembatasan jumlah kalori makanan merupakan salah satu cara yang telah terbukti dapat memperlambat penuaan serta mencegah penyakit yang sering timbul pada usia lanjut dan kanker.

Selama berpuasa biasanya terjadi penurunan berat badan sekitar 5 %. Proses puasa yang dijalankan idealnya bukanlah yang bersifat "balas dendam" yakni membalaskan atau makan semaunya di luar jam puasa.

Jika dilihat dari sisi ilmu pengetahuan, puasa ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak penelitian di dunia ini yang meneliti manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia. Saat berpuasa organ-organ tubuh dapat beristirahat, dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi mengeluarkan kotoran, toksin atau racun. Meremajakan sel-sel tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak dengan yang baru, serta untuk memperbaiki fungsi hormon dan meningkatkan daya tahan tubuh.

PENELITIAN MENGENAI PUASA

Beberapa penelitian mengenai puasa diantaranya :

  1. Allan Cott, M.D dari Amerika, hikmah puasa  antara lain  merasa lebih baik secara fisik dan mental,  merasa lebih muda, membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak, lebih mampu mengendalikan seks, membuat badan sehat, mengendorkan ketegangan jiwa, memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri serta memperlambat proses penuaan.
  2. Dr. Yuri Nikolayev  dari Moskow, berpuasa mengakibatkan orang yang bersangkutan membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental dan spiritual.
  3. Alvenia M. Fulton dari Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh
  4. Riyad Albiby and Ahmed Elkadi mengatakan puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Ditunjukkan dengan peningkatan fungsi sel limfa yang memproduksi sel limfosit T yang secara significan bertambah, setelah puasa.
  5. Sulimami mengatakan bahwa untuk penyakit seperti kencing manis bila berpuasa ramadhan tidak akan berbahaya, malah memberikan banyak manfaat
  6. Jalal Saour berpendapat bahwa berkurangnya cairan pada puasa akan menurunkan kerja jantung serta mencegah terhadap penggumpalan darah yang termasuk penyebab serius panyakit jantung
  7. Muzam MG, Ali M.N dan Husain berpendapat bahwa puasa aman untuk pasien yang mempunyai gangguan luka (ulcus) pada lambung.
  8. Elson M. Haas M.D. Direktur Medical Centre of Marin, puasa bermanfaat untuk peremajaan, istirahat pada organ pencernaan, anti aging, mengurangi alergi, mengurangi berat badan, detoksikasi, relaxasi mental dan emosi, perubahan kebiasaan dari kebiasaan makan yang buruk menjadi lebih seimbang dan lebih terkontrol, meningkatkan imunitas tubuh.
  9. Dr Sabah al-Baqir dan kawan-kawan mengatakan bahwa puasa dapat mengurangi jumlah hormon pemicu stress.
  10.  Dr Ahmad al-Qadhi, Dr. Riyadh al-Bibabi, bersama rekannya di Amerika. Hasil penelitian menunjukan pengaruh positif puasa yang cukup signifikan terhadap sistem kekebalan tubuh. Indikator fungsional sel-sel limfosit membaik hingga sepuluh kali lipat, walaupun jumlah keseluruhan sel-sel getah bening tidak berubah, namun prosentase jenis getah bening yang bertanggung jawab melindungi tubuh dan melawan berbagai penyakit yaitu sel T mengalami kenaikan yang pesat.
  11. Dr Riyadh Sulaiman dan kawan-kawan tahun 1990 dari RS Universitas King Khalid, Riyadh Saudi melakukan penelitian terhadap pengaruh puasa Ramadhan terhadap 47 penderita diabetes jenis kedua (pasien yang tidak tergantung insulin). Hasil penelitian menunjukkan bahwa puasa bulan ramadhan tidak menimbulkan penurunan berat badan yang signifikan. Sejauh ini puasa Ramadhan aman saja bagi penderita diabetes sejauh dilakukan dengan kesadaran dan kontrol makanan serta obat-obatan.
  12. Dr. Muhammad Munib dan kawan-kawan dari Turki. Dengan puasa, glikogen dalam tubuh mengalami peremajaan, membakar lemak yang tersimpan sehingga menghasilkan energi yang lebih meningkat.
MANFAAT PUASA PAGI KESEHATAN

Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan antara lain seperti berikut:

  1. Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pada minggu pertama puasa belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh (minggu kedua), penambahan sel darah putih pesat sekali. Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh.
  2. Meningkatkan fungsi organ tubuh. Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan memulihkan dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.
  3. Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Pada saat puasa orang akan bersabar dan berusaha menahan amarah dan senantiasa pasrah. Hal itu akan membuat fungsi hormon berjalan normal.
  4. Membersihkan tubuh dari racun dan kotoran (detoksifikasi). Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  5. Memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga tidak bisa bertahan hidup.
  6. Menurunkan kerja jantung dalam mendistribusikan darah ke seluruh pembuluh darah sehingga membuat sirkulasi darah menurun. Kondisi tersebut memberi kesempatan otot jantung untuk beristirahat, setelah bekerja keras satu tahun lamanya. Puasa akan memberi kesempatan pada jantung untuk memperbaiki vitalitas dan kekuatan sel-selnya.
  7. Memberi kesempatan kepada alat-alat pencernaan untuk beristirahat setelah bekerja keras sepanjang tahun. Lambung dan usus beristirahat selama beberapa jam dari kegiatannya, sekaligus memberi kesempatan untuk menyembuhkan infeksi dan luka yang ada.
  8. Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
  9. Meningkatkan fungsi organ reproduksi.
  10. Keadaan psikologis yang tenang dan tidak dipenuhi rasa amarah saat berpuasa, ternyata dapat menurunkan hormone adrenalin yang dapat meningkatkan resiko  penyakit jantung dan stroke
  11. Mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan seperti  kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain
  12. Meremajakan sel-sel tubuh. Dengan meremajakan sel-sel tubuh, akan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh serta kulit kita. Oleh karena itu, orang yang sering berpuasa kulitnya akan terlihat lebih segar, sehat, lembut, dan berseri karena proses peremajaan sel dalam tubuhnya berjalan dengan baik.
  13. Mencegah kita dari proses penuaan. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa pada orang yang berpuasa, MDA (melondealdehid) yang sifatnya radikal bebas, ternyata berkurang hingga 90% dan meningkatkan antioksidan hingga 15%. Jadi di satu sisi radikal bebas itu di turunkan serta disisi lain musuh radikal bebas (antioksidan) ditingkatkan. Oleh karenanya  berpuasa bisa bikin awet muda
  14. Dapat memperpanjang masa subur  dan menghasilkan lebih banyak  sel telur pada  wanita.

Prepared by : dr Novie Hediyani , MKK

REFERENSI :
  1. http://andtheem.blogspot.com/2011/07/manfaat-berpuasa-bagi-kesehatan.html
  2. http://iklanpos.co.id/?p=5411
  3. http://007beritaterkini.blogspot.com/2012/06/manfaat-puasa-juga-bisa-membuat-awet.html
  4. http://pujifkunsyiah.files.wordpress.com/2011/08/manfaat_puasa_bagi_kesehatan_tubuh200.jpg
  5. http://health.kompas.com/read/2011/07/30/15364162/Puasa.Memperlambat.Penuaan
  6. http://www.harianjogja.com/2012/lifestyle/kesehatan/puasa-puasa-bisa-membuat-wanita-subur-lebih-lama-177598
  7. http://jolali-ya.blogspot.com/2010/08/puasa-menurut-para-ahli-kedokteran.html