Sekarang Dokterku Online dengan wajah baru dan nama baru.

Untuk registrasi member dan diskusi forum,

Silahkan kunjungi web kami yang baru

www.dokterkuonline.com

Home Artikel Nyeri Haid

Nyeri Haid

LATAR BELAKANG

Menstruasi merupakan bagian dari proses reguler yang mempersiapkan tubuh wanita setiap bulanya untuk kehamilan. Walaupun menstruasi datang setiap bulan pada usia reproduksi, banyak wanita yang mengalami ketidaknyamanan fisik saat menjelang atau selama haid berlangsung. Salah satu ketidaknyamanan fisik saat menstruasi yaitu nyeri haid. Nyeri haid dalam istilah medis disebut juga dysmenorrhea (dismenore) atau menstrual cramps.

Dismenore adalah kondisi medis saat haid yang dapat mengganggu aktivitas dan memerlukan pengobatan, ditandai dengan nyeri atau rasa sakit di daerah perut maupun panggul. Menurut Winkjosastro, dismenore adalah keluhan yang sering dialami seorang wanita pada bagian perut bawah saat haid yang disebabkan karena kontraksi uterus (rahim) yang intens.

Di USA, diperkirakan hampir 90% wanita mengalami dismenore, dan 10-15% diantaranya mengalami dismenore berat, yang menyebabkan mereka tidak mampu melakukan kegiatan apapun (Jurnal Occupation And Environmental Medicine, 2008). Telah diperkirakan bahwa lebih dari 140 juta jam kerja yang hilang setiap tahunnya di Amerika Serikat karena dismenore primer (Schwarz, 1989). Di Indonesia, angka kejadian dismenore 64,25% , terdiri dari 54,89% dismenore primer dan 9,36% dismenore sekunder.

Dahulu, nyeri haid dianggap sebagai masalah psikologis wanita, tetapi sekarang merupakan kondisi medis yang nyata dan menyebabkan gangguan apabila tidak diatasi dengan baik. Nyeri haid dijumpai pada 30-75 % dari populasi dan kurang lebih separuhnya memerlukan pengobatan.

KLASIFIKASI DAN PENYEBAB

Dismenore dapat digolongkan berdasarkan jenis nyeri dan ada tidaknya kelainan atau sebab yang dapat diamati.

Berdasarkan jenis nyeri adalah:

Dismenore Spasmodik.

Dismenore spasmodik adalah nyeri yang dirasakan di bagian bawah perut dan terjadi sebelum atau segera setelah haid dimulai. Dismenore spasmodik dapat dialami oleh wanita muda maupun wanita berusia > 40 tahun. Sebagian wanita yang mengalami dismenore spasmodik, tidak dapat melakukan aktivitas, gejala yang timbul antara lain pingsan, mual, muntah. Nyeri ini biasanya berkurang setelah melahirkan walaupun tidak semua wanita mengalami hal tersebut.

Dismenore Kongestif.

Dismenore kongestif dapat diketahui beberapa hari sebelum haid datang. Gejala yang ditimbulkan berlangsung 2 dan 3 hari sampai kurang dari 2 minggu. Pada saat haid datang, tidak terlalu menimbulkan nyeri. Bahkan setelah hari pertama haid, penderita dismenore kongestif akan merasa lebih baik. Gejala yang ditimbulkan pada dismenore kongestif, antara lain: nyeri payudara, mudah tersinggung, pegal, gangguan tidur, memar pada paha atau lengan atas.

Berdasarkan ada tidaknya kelainan atau sebab yang dapat diamati adalah:

Dismenore primer.

adalah nyeri haid tanpa ditemukan adanya kelainan kandungan atau organ reproduksi . Sering terjadi, kemungkinan lebih dari 50% wanita mengalaminya dan 15% diantaranya mengalami nyeri pada saat haid yang hebat. Biasanya timbul pada masa remaja, yaitu sekitar 2-3 tahun setelah haid pertama. Nyeri diduga berasal dari kontraksi rahim yang dirangsang oleh prostaglandin. Nyeri dirasakan semakin hebat ketika bekuan atau potongan jaringan dari lapisan rahim melewati leher rahim.

Faktor lain yang memperburuk dismenore adalah rahim yang menghadap ke belakang, kurang olahraga, stres baik psikis maupun sosial. Pertambahan umur dan kehamilan akan menyebabkan menghilangnya dismenore primer.

Dismenore sekunder.

adalah nyeri haid yang disebabkan adanya kelainan kandungan atau organ reproduksi. Penyebabnya adalah mioma, polip, endometriosis, adenomiosis, peradangan pada tuba, perlengketan abnormal antara organ dalam perut, pemakaian KB IUD, tumor dan lain-lain. Seringkali timbul pada usia 20 tahun.

GEJALA DISMENORE :

Perbedaan beratnya nyeri saat menstruasi tergantung kepada kadar prostaglandin. Wanita yang mengalami dismenore/nyeri haid memiliki kadar prostaglandin yang 5-13 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak mengalami dismenore. Gejalanya antara lain berupa :

  1. Nyeri perut bagian bawah, bisa menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai
  2. Nyeri dirasakan sebagai kram perut yang hilang timbul atau nyeri tumpul yang terus menerus
  3. Biasanya nyeri mulai timbul sesat sebelum haid atau selama haid, mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan setelah 2 hari akan menghilang
  4. Sering disertai sakit kepala, mual, sembelit atau diare dan sering berkemih. Kadang sampai muntah.
TIPS PENCEGAHAN DAN PENANGANAN :

Nyeri haid dapat di kurangi antara lain dengan :

  1. Obat penghilang rasa nyeri
  2. Istirahat yang cukup
  3. Olahraga teratur, namun hindari olahraga yang berat
  4. Pemijatan (menurut beberapa penelitian dari Touch Research Institute di University of Miami Medical School, pijat efektif mengurangi gejala PMS, terutama rasa sakit)
  5. Kompres hangat di daerah perut, mandi dengan air hangat
  6. Minum minuman hangat
  7. Mengkonsumsi vitamin B1 dan B2 (menurut penelitian dari University of Massachusetts, wanita yang rutin mengkonsumsi vitamin B1 dan B2 mengalami nyeri haid yang lebih ringan)
  8. Mengkonsumsi biji-bijian
  9. Hindari mengkonsumsi alkohol, kopi dan coklat
  10. Lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah,

Jika sering mengalami nyeri haid yang hebat sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan.

SUMBER :
  1. http://www.detikhealth.com/read/2012/01/02/173645/1804882/766/10-cara-alami-redakan-nyeri-haid
  2. http://4.bp.blogspot.com/-SFKQa49wdBE/TWDj-kE-BUI/AAAAAAAAABQ/q6A9AlVaBhM/s1600/nyeri-haid-depan.jpg
  3. http://princesstuutuu.blogspot.com/2011/02/ketika-nyeri-haid-menyerangg.html
  4. http://www.antaranews.com/berita/284610/waspadai-nyeri-haid-anda
  5. http://id.wikipedia.org/wiki/Menstruasi
  6. http://www.lusa.web.id/dismenore-dysmenorrhea-part-1/
  7. http://iqvita.wordpress.com/2010/05/08/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kejadian-dismenore/
  8. http://medicastore.com/penyakit/101/Dismenore.html
  9. http://majalahkesehatan.com/5-jenis-gangguan-menstruasi-haid/
  10. http://4.bp.blogspot.com/IPWvA8q8YDM/TgLC4U7MmsI/AAAAAAAAAAs/ga_1t2_yuAk/s1600/nyeri+haid.jpg
  11. http://sehatiturahmat.blogspot.com/2011/06/dismenore-nyeri-pada-saat-menstruasi.html

 

Penulis : dr. Novie