Sekarang Dokterku Online dengan wajah baru dan nama baru.

Untuk registrasi member dan diskusi forum,

Silahkan kunjungi web kami yang baru

www.dokterkuonline.com

Home Artikel Dampak Kesehatan Dan Tips Pada Pengguna Komputer

Dampak Kesehatan Dan Tips Pada Pengguna Komputer

PENDAHULUAN

Penggunaan komputer saat ini sangat berkembang dengan pesat, kondisi tersebut sangat membantu manusia untuk berinteraksi tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu sehingga dapat lebih mudah berkomunikasi dan menyelesaikan suatu pekerjaan.

Komputer merupakan peralatan yang selalu digunakan dalam setiap pekerjaan baik di kantor, pabrik, kegiatan belajar mengajar bahkan di rumah-rumah sehingga banyak orang harus berada di depan komputer sepanjang hari.

Namun penggunaan komputer ternyata dapat memberikan efek merugikan terhadap kesehatan pemakainya. Penyakit yang dapat diakibatkan oleh penggunaan komputer ini antara lain gangguan mata, gangguan otot dan persendian serta stres.

Salah satu kasus gangguan kesehatan pada penggunaan laptop dialami oleh Danielle Weatherbee (29 tahun) dari Seattle, yang mengalami gangguan tulang belakang karena kebiasaannya sehari-hari dalam menggunakan laptop. Dokter mendapati tulang belakangnya sudah seperti seorang berusia 50 tahun. Inilah salah satu akibat dari ketidaktahuan seseorang akan dampak kesehatan saat menggunakan sebuah laptop.

 

 

PENYAKIT YANG DAPAT DISEBABKAN OLEH PENGGUNAAN KOMPUTER :

1. GANGGUAN MATA DAN PENGLIHATAN

Merupakan penyakit yang paling banyak dilaporkan akibat penggunaan komputer. Hal ini terjadi karena pengguna komputer sering posisi tubuhnya maju kedepan agar dapat melihat objek yang ada di monitor lebih jelas, berkurangnya refleks mengedip, tampilan layar monitor yang terlalu terang serta pencahayaan yang tidak baik saat menggunakan komputer.

Gangguan penglihatan yang disebabkan karena penggunaan komputer, dinamakan Computer Vision Syndrome (CVS). Gejalanya berupa mata lelah, pedih , terasa kering, merah, gatal, rasa terbakar, sakit kepala serta penglihatan menjadi ganda atau buram.

Penelitian yang dipublikasikan The Journal of Epidemiology and Community Health pada 10.000 pekerja, menemukan bahwa pengguna berat komputer memiliki kelainan penglihatan miopi (rabun jauh) dan glaukoma. Hasil penelitian lain, menemukan 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan mata berupa rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.

Tips mengatasi gangguan mata :

  1. Bila mata sudah lelah tinggalkanlah layar komputer sejenak dan carilah suasana hijau yang dapat menyegarkan mata dan penglihatan atau dengan memejamkan mata selama beberapa menit atau alihkan pandangan kea rah yang jauh.
  2. Kedipkan mata sesering mungkin dan jika mata terasa perih gunakan obat tetes mata dari dokter untuk mencegah kekeringan pada mata.
  3. Jangan menggunakan komputer bila ruangan terlalu terang atau terlalu gelap Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari menatap cahayanya secara langsung.
  4. Gunakan filter glass monitor untuk mengurangi sinar dan radiasi yang dipancarkan layar monitor serta ukuran atau “font” huruf yang cukup besar
  5. Jika harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor , agar tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja, setelah membaca di layar monitor.
  6. Bagi yang memakai kacamata atau lensa kontak, tetap di gunakan bila berada di depan komputer agar menghindarkan kerusakan mata yang lebih parah.

2. GANGGUAN OTOT (MUSCULOSKELETAL)

Posisi duduk yang lama, gerakan tangan berulang , posisi pergelangan tangan yang salah saat menggengam mouse, tehnik mengetik yang keliru terjadi saat menggunakan komputer. Belum lagi bila posisi keyboard dan layar monitor yang terlalu tinggi atau terlampau rendah, kursi tidak menopang badan untuk duduk tegak, dll. Gangguan kesehatan yang timbul akibat ini disebut Repetitive Strain Injury (RSI).

RSI merupakan cedera pada persendian akibat ketegangan pada otot atau saraf karena suatu aktivitas fisik tertentu yang dilakukan terus menerus dan dalam waktu yang lama. Termasuk dalam kategori RSI adalah sakit leher, sakit punggung, Carpal Tunnel Syndrom, Trigger Finger/Thumb dan lain-lain. Gejalanya berupa kesulitan membuka dan menutup tangan, otot tangan terasa kaku, sakit di pergelangan tangan, mati rasa di tangan, tangan terasa dingin dan gemetar.

Faktor penyebab RSI yang paling sering adalah sikap tubuh yang kurang tepat saat menggunakan komputer, posisi pergelangan tangan, lengan serta jari-jari yang salah saat menggunakan keyboard dan mouse dan teknik mengetik yang tidak baik, maka timbul gangguan sirkulasi dan ketegangan otot. Jika tidak segera diatasi, serangan RSI yang berat dapat menyebabkan kerusakan permanen.

 

Tips agar terhindar dari gangguan otot dan persendian :

  1. Perhatikan posisi tubuh yang benar saat didepan komputer. Jarak antara mata dan layar komputer sebaiknya 18-24 inch dan mata sejajar dengan pertengahan layar. Posisi siku dengan keyboard membentuk sudut siku-siku. Punggung atas melengkung secara natural dan punggung bawah bersandar pada sandaran kursi.
  2. Gunakan teknik mengetik yang benar. Posisi jari idealnya tidak terlalu menekuk agar tidak cepat kaku. Jangan memaksakan jari tangan untuk menekan tuts yang jauh dari jangkauan. Kurangi menggunakan satu tangan untuk menekan dua tuts secara bersamaan.
  3. Mengatur letak peralatan komputer sehingga menimbulkan rasa nyaman bagi tubuh.
  4. Gunakan kursi yang dapat diatur tinggi rendahnya dan ada sandaran punggungnya. Ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan badan dan menopang punggung dengan baik
  5. Pastikan tinggi meja dan kursi sesuai dengan tinggi tubuh
  6. Posisi layar komputer tidak terlalu tinggi atau rendah
  7. Istirahat dan relaksasi. Disarankan untuk beristirahat selama 15-10 menit setelah satu jam bekerja. Selama waktu itu, lemaskan otot-otot dengan senam ringan . Lakukan exercise yang meliputi peregangan pada leher, bahu, lengan dan anggota badan atas lainnya.

3. STRES

Penggunaan komputer dapat menimbulkan stress pada pemakainya, seperti yang ditemukan NIOSH (The National Institute of Occupational Safety and Health ). NIOSH menemukan bahwa operator komputer memiliki tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan lain.

PENUTUP

Komputer memang tidak bisa di lepaskan dalam kehidupan sehari-hari, karena teknologi yang satu ini memlilik peranan tersendiri bagi aktifitas manusia, Meskipun demikian kita tidak boleh mengabaikan kesehatan. Dengan teknik penggunaan yang benar maka penyakit yang disebabkan oleh komputer dapat dihindari.

REFERENSI :

  1. http://okkiprasetio.blogspot.com/2009/11/dampak-negatif-penggunaan-komputer-bagi.html
  2. http://www.smallcrab.com/kesehatan/373-resiko-penyakit-bagi-pengguna-komputer
  3. http://10109210.blog.unikom.ac.id/dampak-komputer.1hs
  4. http://cuwal.wordpress.com/2008/08/25/pengaruh-komputer/
  5. http://solution-computer.blogspot.com/2010/12/pengaruh-komputer-terhadap-kesehatan.html
  6. http://www.terbaca.com/2010/07/tips-untuk-mata-perih-di-depan-komputer.html
  7. http://kepak-sayap.blogspot.com/2010/12/mengatasi-komputer-yang-leletlemot.html
  8. http://forum.vivanews.com/tips-trick/26414-pengguna-komputer-waspadai-repetitive-strain-injuries-rsi.html
  9. http://www.consumptive.net/2011/06/penyakit-yang-disebabkan-oleh-komputer.html
  10. http://damaniks.blogspot.com/2009/02/tips-ergonomi-bagi-pengguna-komputer.html
  11. http://ardinoorjoyotanahlaut.blogspot.com/2010/07/posisi-enak-kerja-dengankomputer.html

 

 

Last Updated (Saturday, 03 December 2011 02:57)