Sekarang Dokterku Online dengan wajah baru dan nama baru.

Untuk registrasi member dan diskusi forum,

Silahkan kunjungi web kami yang baru

www.dokterkuonline.com

Home Artikel Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Saat ini dengan majunya dunia tehnologi dapat memudahkan semua kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan remote kontrol, tangga jalan, lift , belum lagi bagi pekerja kantoran yang sehari-hari lebih banyak duduk di depan komputer menyebabkan berkurangnya aktifitas fisik. Di tambah dengan gaya hidup seperti merokok, pola makan yang tidak sehat (junk food) dan stress dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, hipertensi , kencing manis, dll.

 

Studi WHO menyatakan bahwa gaya hidup duduk terus menerus dalam bekerja adalah 1 dari 10 penyebab kematian dan kecacatan dunia. Lebih dari dua juta kematian setiap tahun disebabkan oleh kurangnya bergerak atau aktifitas fisik. Hasil penelitian Dede Kusmana (2002) memperlihatkan bahwa orang yang mempunyai gaya hidup tidak merokok, berolahraga secara teratur dan melakukan kerja fisik ternyata berpeluang lima kali lebih tinggi terhindar dari panyakit jantung dan stroke dibandingkan yang bergaya hidup sebaliknya.

Oleh karenanya kita dianjurkan untuk melakukan olahraga yang sudah diyakini masyarakat sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Olahraga adalah suatu bentuk aktifitas atau latihan fisik yang teratur dan terencana yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran.

MANFAAT OLAHRAGA :

  1. Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, paru dan pembuluh darah
  2. Meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang
  3. Meningkatkan kelenturan (fleksibilitas) pada tubuh sehingga dapat mengurangi cedera
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh untuk mencegah kegemukan dan mempertahankan berat badan ideal.
  5. Mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit seperti : hipertensi, penyakit jantung koroner, kencing manis , aterosklerosis
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  7. Meningkatkan jumlah kolesterol yang baik (HDL)
  8. Melancarkan sistem pencernaan
  9. Menghilangkan depresi serta menyegarkan hati dan pikiran
  10. Mengencangkan otot
  11. Membangkitkan nafsu makan

KONSEP KESEHATAN OLAHRAGA :

Padat gerak, bebas stress, singkat (cukup 10-30 menit tanpa henti), adekuat, massal, mudah, murah, meriah dan fisiologis (bermanfaat dan aman). Massal, bila dilakukan bersama-sama, dapat merupakan ajang silaturahim, pencerahan stress dan komunikasi sosial. Adekuat yaitu cukup dalam waktu (10-30 menit tanpa henti) dan cukup dalam intensitas.

Menurut Cooper (1994), intensitas Olahraga Kesehatan yang cukup yaitu apabila denyut nadi latihan mencapai 65-80% DNM sesuai umur (Denyut Nadi Maximal sesuai umur = 220-umur dalam tahun). Jadi dengan berolahraga membuat manusia menjadi sehat Jasmani, Rohani dan Sosial yaitu Sehat seutuhnya sesuai konsep Sehat WHO.

JENIS OLAHRAGA :

  1. Aerobik adalah olahraga yang dilakukan secara terus menerus, dimana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi tubuh, misalnya jogging, senam, renang dan bersepeda.
  2. Anaerobik adalah olahraga dimana kebutuhan oksigen tidak dapat dipenuhi seluruhnya oleh tubuh, misalnya angkat besi, lari sprint 100 m, tenis dan bulutangkis.

REFERENSI :
  1. http://id.shvoong.com/medicine-and-health/diet-and-exercise/2111410-manfaat-olahraga-pagi/
  2. http://dinkes-sulsel.go.id/new/images/pdf/panduan%20kesehatan%20olahraga.pdf
  3. http://grandmall10.files.wordpress.com/2010/06/jogging.jpg
  4. http://mahkotadewa.co.id/herbalshop/wp-content/uploads/2011/01/olahraga.jpg