Sekarang Dokterku Online dengan wajah baru dan nama baru.

Untuk registrasi member dan diskusi forum,

Silahkan kunjungi web kami yang baru

www.dokterkuonline.com

Home Artikel PERLUKAH VAKSINASI FLU ?

PERLUKAH VAKSINASI FLU ?

MENGENAL PENYAKIT INFLUENZA

Penyakit influenza merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernafasan atas yang disebabkan oleh virus influenza yang sering kita jumpai. Penyakit influenza mudah menular dari satu orang ke orang lain di sekitarnya dan sering menyebabkan epidemi musiman setiap tahun. Gejala penyakit ini ditandai dengan demam, sakit otot, sakit kepala, lemah lesu, batuk, sakit tenggorokan dan flu. Gejala tersebut bervariasi dari ringan sampai berat yang memerlukan rawat inap di rumah sakit. Sebagian besar penderita dapat sembuh dalam satu atau dua minggu tanpa pengobatan khusus.

Penyebaran influenza dapat terjadi melalui udara yang tercemar virus dari penderita saat mereka bersin atau batuk, saat berdekatan atau bersentuhan badan seperti saat berjabat tangan dengan penderita atau dengan menyentuh benda yang terkontaminasi oleh virus flu. Pada kelompok individu yang berisiko tinggi seperti kelompok anak kecil, orang tua atau lansia, penderita dengan penyakit paru, diabetes, kanker atau jantung, penyakit influenza ini dapat mengakibatkan risiko yang serius seperti pneumonia bahkan kematian.

Tiap tahunnya 5-10% dari populasi orang dewasa dan 20-30% dari populasi anak-anak terkena flu. Data WHO  menunjukkan bahwa setiap tahun terdapat kurang lebih 3-5 juta kasus influenza berat dan 250.000-500.000 kematian akibat influenza. Negara Amerika telah memperkirakan biaya yang dikeluarkan setiap tahun untuk epidemi influenza berkisar 71-167 milyar USD.

Berdasarkan studi, ternyata vaksinasi merupakan salah satu cara utama untuk mencegah influenza serta dapat menurunkan dampak epidemi. Vaksin influenza telah diketahui aman dan efektif dalam pencegahan penyakit influenza. Efektifitas vaksin flu telah terbukti secara klinis sehingga banyak negara telah merekomendasikan penggunaan vaksinasi flu. Pada orang tua, vaksinasi flu dapat menurunkan angka kesakitan sampai 60% dan kematian sampai 70-80%.

SEKILAS MENGENAI VAKSIN INFLUENZA

Vaksin flu efektif 70-90% dalam mencegah penyakit flu. Vaksin flu melindungi terhadap 3 virus influenza yang umum. Namun, vaksin flu tidak dapat melindungi dari infeksi virus bukan influenza seperti virus penyebab pilek. Banyak orang yang salah mengira bahwa mereka tidak akan sakit sama sekali jika mereka mendapat vaksin flu. Tetapi bagi mereka yang telah di vaksin flu tentunya akan terlindung dari virus influenza yang umum dalam musim flu.

Virus influenza mengalami perubahan genetik sehingga setiap tahun dilakukan pemantauan terhadap virus influenza untuk menentukan komposisi vaksin yang disediakan. Perubahan tersebut mengakibatkan vaksinasi influenza harus dilakukan setiap tahun.

Vaksin influenza musiman yang diproduksi mengandung 3 antigen virus influenza yaitu 2 influenza tipe A dan 1 influenza tipe B  yang dipergunakan untuk merangsang sistim kekebalan tubuh seseorang untuk membuat antibodi yang sesuai untuk melawan dan mematikan virus influenza yang masuk kedalam tubuh.

Vaksin flu tidak akan melindungi secara spesifik dari flu burung tetapi dapat menurunkan risiko infeksi simultan antara manusia dan virus flu burung. Hal ini penting karena infeksi simultan adalah cara utama virus menukar gen dan menciptakan strain baru yang berpotensi menyebabkan pandemik flu.

APA MANFAAT VAKSIN INFLUENZA  ?
  1. Dapat secara potensial menyelamatkan hidup kelompok orang yang beresiko tinggi
  2. Bagi kelompok orang yang berisiko tinggi  :
    1. Pada anak-anak, menunjukkan efektifitas 77-91 % untuk mencegah gejala akibat influenza dan kesakitan akibat virus influenza
    2. Pada usia lanjut, terbukti menurunkan angka rawat inap rumah sakit akibat influenza dan pneumonia sebesar 27-34 %
    3. Pada anak-anak dengan kondisi asma, terbukti menurunkan 22-41 % asma akut selama musim influenza.
    4. Pada penderita kencing manis, terbukti menurunkan angka rawat inap RS atau angka kematian sebesar 72 % pada pasien diabetes untuk usia 18-64 tahun.
    5. Pada pasien dengan riwayat penyakit jantung dan pembuluh darah,  dapat menurunkan kejadian stroke sampai 55 %
  3. Menurunkan angka kesakitan yang disebabkan karena influenza  dan menurunkan angka rawat inap di Rumah Sakit.
  4. Mencegah absensi kerja atau sekolah
  5. Meningkatkan kualitas hidup
  6. Mengurangi resiko penularan terhadap anggota keluarga, teman ataupun rekan kerja.
  7. Memberi nilai tambah secara ekonomis, karena dengan mencegah penyakit flu maka akan menghilangkan biaya perawatan, obat-obatan, biaya konsultasi dokter dan biaya perawatan rumah sakit akibat komplikasi yang ditimbulkan.
  8. Mencegah kematian dini yang tidak kita harapkan
  9. Meningkatkan kesehatan antara anggota keluarga
  10. Meningkatkan produktivitas kerja
JENIS VAKSIN INFLUENZA

Berdasarkan data epidemiologi virus influenza dan geografis penyebarannya, maka WHO merekomendasikan 2 jenis vaksin  influenza yaitu vaksin influenza untuk belahan bumi Utara (Northern Hemisphere) dan vaksin influenza untuk belahan bumi Selatan (Southern Hemisphere) yang disesuaikan dengan iklim atau musim yang sedang berlangsung di kedua tempat tersebut.

Untuk di Indonesia, karena letak geografisnya berada di garis katulistiwa maka bisa memilih mau mempergunakan jenis vaksin influenza yang Southern ataupun Northern Hemisphere, karena kedua jenis vaksin influenza ini sama baik dan efektifnya. Ini disebabkan karena  jenis virus yang beredar di daerah belahan bumi utara dan belahan bumi selatan  juga bisa ditemukan didaerah garis kathulistiwa. Dan secara ilmiah ditemukan juga adanya perlindungan silang (cross immunity) antara kedua jenis vaksin tersebut.

APA EFEK SAMPING VAKSINASI FLU :

Reaksi yang mungkin terjadi adalah reaksi ringan akibat injeksi seperti rasa sakit dan kemerahan pada tempat suntikan, nyeri otot ringan atau demam. Reaksi tersebut bertahan satu sampai tiga hari.

SIAPA SAJA YANG SEBAIKNYA DI VAKSINASI INFLUENZA ?
  1. Setiap orang sehat yang ingin terlindung dari influenza
  2. Anak sejak usia 6 bulan
  3. Petugas kesehatan seperti dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lain yang sering berhubungan dengan orang sakit dan bekerja dilingkungan rumah sakit
  4. Usia lanjut (>65tahun)
  5. Penderita penyakit kronik seperti kencing manis (diabetes), hipertensi, asma, jantung, stroke, sakit ginjal, penyakit hati, kanker, anemia dll
  6. Ibu hamil dan menyusui
  7. Penderita dengan gangguan sistem pertahanan tubuh seperti HIV
  8. Seseorang yang akan bepergian  ke daerah dimana influenza saat itu sedang beredar
  9. Seseorang yang merawat anak seperti baby sitter
WAKTU PEMBERIAN VAKSINASI INFLUENZA

Sebaiknya dilakukan setiap tahun pada waktu atau bulan yang sama, dengan tujuan agar vaksin yang dipergunakan adalah selalu sama, tidak berganti ganti setiap kali vaksinasi dilakukan.

SIAPA YANG SEBAIKNYA TIDAK MENDAPAT VAKSIN FLU ?
  1. Seseorang yang memiliki reaksi alergi terhadap vaksin di masa lalu.
  2. Alergi terhadap telur, namun pada penelitian terakhir membuktikan bahwa vaksin influenza tetap aman dan bisa diberikan untuk mereka yang alergi terhadap telur dan produk asal telur.
  3. Riwayat Sindrom Guillain-Barre, suatu penyakit autoimun serius yang menyerang saraf.
  4. Demam.

Prepared by dr Novie Hediyani, MKK

REFERENSI :
  1. http://selukbelukvaksin.com/vaksin-influenza-dan-seluk-beluknya/
  2. http://indonesiaindonesia.com/f/14089-vaksin-influenza-usaha-mencegah-penyakit-flu/
  3. http://www.bumn.go.id/biofarma/publikasi/berita/perlukah-vaksin-influenza/
  4. http://www.lifebuoy.co.id/berita-sehat/perlukah-vaksin-influenza/
  5. http://www.ayahbunda.co.id/artikel/Kehamilan/Gizi+dan+Kesehatan/vaksin.influenza/001/001/689/2#/!ts=1358472377410!
  6. http://id.wikipedia.org/wiki/Influenza
  7. http://batukpilek.com/search/keuntungan+vaksin+influenza
  8. http://selukbelukvaksin.com/vaksin-influenza-untuk-vaksninasi-tahun-2012-2013/
  9. http://id.shvoong.com/medicine-and-health/imuunology/2009992-vaksinasi-flu/
  10. http://us.images.detik.com/content/2012/07/12/763/vaksin4dlmts.jpg
  11. http://sin.stb.s-msn.com/i/A2/825A2ADDFF6B5CC41DA90D9537554.jpg
  12. http://www.medbroadcast.com/drug_info_details.asp?brand_name_id=1655

Last Updated (Tuesday, 12 March 2013 00:26)